Rabu, 01 Juni 2016

Tips Tubuh Tetap Segar Walau Harus Begadang

       


            Emak, begadang merupakan kegiatan yang tidak baik dilakukan, karena dapat menurunkan stamina yang mengakibatkan lemahnya sistim kekebalan tubuh.

            Tapi terkadang begadang terpaksa harus dijalani bila ada anggota keluarga Emak yang jatuh sakit dan butuh perhatian khusus. Begadang juga pernah saya lakukan dalam jangka waktu yang lama, ketika merawat ayah saya.

            Ada 6 tips yang dapat membantu Emak agar tetap segar dan dapat beraktivitas kembali keesokan harinya :

1  1.     Emak harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi agar tubuh tetap sehat. Karena begadang berdampak buruk terhadap kesehatan seperti, tubuh jadi masuk angin, kepala pusing, mata selalu berat dan konsentrasi menurun.

2  2.   Mengkonsumsi kopi saat begadang membantu Emak untuk tetap terjaga di malam hari karena kandungan kafein di dalamnya dapat meningkatkan stamina tubuh. Bagi Emak yang tidak bisa mengkonsumsi kopi karena efek negatifnya yang membuat jantung berdebar-debar, dapat menggantinya dengan minum susu hangat dan juga perasan jeruk lemon yang banyak mengandung vitamin C.

    3.     Olahraga ringan
Olahraga ringan di pagi hari seperti jalan kaki dapat membantu menyegarkan tubuh Emak tanpa harus banyak menguras tenaga, karena tubuh tidak sepenuhnya dalam kondisi prima.

   4.        Manfaatkan waktu tidur dengan baik.
Jika ada pergantian menemani yang sakit, Emak dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk tidur siang. Ini bertujuan untuk memberi tubuh Emak istirahat dan memulihkan tubuh yang kelelahan. Walaupun kualitas tidur siang tidak sama dengan ketika Emak tidur malam.

5     5.     Memijat tubuh.
Memijat tubuh yang kelelahan dan masuk angin akibat begadang, sangat  baik untuk memulihkan kesegaran tubuh.

6       6.     Membaca buku-buku humor.
Humor dan tawa menawarkan sejumlah dampak positif bagi kesehatan fisik dan mental. Tertawa mengurangi kadar hormon tertentu yang berhubungan dengan respon stress, depresi, kecemasan, kesedihan dan kemarahan. Tertawa dapat meningkatkan sistim kekebalan tubuh terhadap penyakit. Yang penting diperhatikan, selama membaca buku humor, tawa Emak tidak mengganggu ketenangan orang yang sakit.

 Jadi dengan menjalankan 6 tips ini, meski telah begadang menemani anggota keluarga yang sakit, tubuh Emak tetap segar dan dapat beraktivitas kembali keesokan harinya.

Arti   Artikel ini juga dimuat di web Emakpintar,asia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar