Senin, 13 Juni 2016

Mengobati Sakit Ringan Akibat Perubahan Cuaca Dengan Bahan-Bahan Dapur


Mengobati Sakit Ringan Akibat Perubahan Cuaca Dengan Bahan-Bahan Dapur




         Perubahan musim  kemarau ke musim hujan atau sebaliknya disebut  masa peralihan anta rmusim atau lebih dikenal dengan sebutan musim pancaroba.

            Perubahan udara dan temperatur  sedikit banyak berpengaruh pada tubuh, karena tubuh akan berusaha keras menyesuaikan dengan temperature sekitar. Pada saat ini pula daya tahan tubuh terhadap terhadap virus dan bakteri berkurang.

            Musim pancaroba erat kaitannya dengan gangguan kesehatan ringan yang dapat diatasi dengan bahan-bahan dapur.

Jeruk Nipis           
          Untuk menyembuhkan batuk berdahak, yang berfungsi sebagai ekspetoran untuk mengeluarkan dahak. Caranya dengan meminum 1 sendok makan jeruk nipis yang di bubuhi kecap. Cara lain dengan cara membelah jeruk nipis, olesi dengan kapur sirih, bakar, peras, tampung airnya dalam sendok lalu minum.

Jeruk Nipis


Jahe
          Salah satu kegunaannya adalah menyembuhkn flu. Caranya dengan memarut jahe seukuran ibu jari, lalu parutan jahe tersebut dimasukkan ke dalam cangkir. Tambahkan air yang telah dimasak. Diminum hangat-hangat setelah menambahkan beberapa tetes madu ke dalamnya.

Jahe


Kencur
          Cara penggunaan kencur untuk mengobati masuk angin yaitu dengan mengupas 1 rimpang kencur  sebesar ibu jari. Cuci hingga bersih. Konsumsi langsung  dengan menambah  sedikit garam. Konsumsi secara rutin 2x sehari sampai masuk angin yang dirasakan reda.

Kencur


Bawang Merah
          Bawang merah dapat digunakan sebagai pertolongan pertama daripada harus menggunakan amoniak. Dengan menghirup aroma bawang merah, membantu menghilangkan rasa pusing. Sebab bau bawang merah sangat menusuk, sehingga dapat merangsang peredaran darah dan fungsi pernapasan, juga fungsi-fungsi saraf.


 Bawang merah

Kunyit
            Kunyit dapat digunakan sebagai obat sakit lambung dan perut.
Caranya : Potong kunyit seukuran ibu jari, bersihkan kulitnya dengan cara di kerik menggunakan sendok. Parut kunyit yang sudah di kerik, lalu tambahkan 1 gelas air matang. Saring menggunakan kain halus dan bersih, kemudian ditekan-tekan. Sebelum dikonsumsi, tambahkan 1 sendok makan madu dan jeruk nipis sebagai penambah rasa.

Kunyit


Serai
          Dalam pengobatan, sereh digunakan untuk menyembuhkan demam yaitu dengan merangsang keluarnya keringat (Efek anti piretik). Cara membuat teh serai untuk menurunkan panas yaitu cuci bersih 8 batang serai yang sudah cukup tua, potong kecil atau dihaluskan dengan blender. Kemudian rebus dengan 4 gelas air sampai mendidih. Masukkan teh tabur dan gula batu, biarkan selama 1-2 menit. Saring dan hidangkan dalam cngkir.

Serai


Daun Seledri
            Daun seledri dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk menurunkan panas dengan cara mengoleskan tumpukan daun seledri ke kepala anak yang terserang demam. Air perasan seledri yang mempunyai sifat mendinginkan dipercaya dapat menurunkan panas kepala.
            

Daun Seledri

Selamat mencoba! Semoga cepat sembuh ya …

Tidak ada komentar:

Posting Komentar