Senin, 06 Juni 2016

Wisata Alam Aek Sitio-Tio (Spring Of Clear Water), Baktiraja


WISATA ALAM AEK SITIO-TIO, BAKTIRAJA


Setelah puas menikmati indahnya pesona alam Panatapan Sipinsur dan juga berfoto selfie, kami melanjutkan perjalanan menuju Aek Sitio-Tio yang berada di Kecamatan Baktiraja.

Kecamatan Baktiraja berjarak 16 Km dari Dolok Sanggul, ibukota Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), yang secara geografis terletak disebuah lembah yang diapit dua pegunungan dan berhadapan dengan danau Toba.





Sepanjang perjalanan menuju ke Baktiraja, kami disuguhi pemandangan alam hijaunya hamparan sawah. Menelusuri tepi gunung dibarengi tikungan-tikungan manis, menambah sensasi perjalanan tersebut. Prasarana jalan aspal merupakan nilai tambah bagi berkembangnya wisata daerah ini.





Lokasi wisata Aek Sitio-Tio terletak di desa Siunong-Unong Julu, Kecamatan Baktiraja. Tidak jauh dari lokasi ini, terdapat kompleks istana Raja Sisingamaraja.



Aek Sitio-Tio merupakan tempat pemandian alam yang dulunya berupa telaga kecil yang bersumber dari mata air “abadi”, yang dinaungi pohon besar sejenis beringin.  Airnya selalu jernih dan segar.





Mata air yang selalu meyembur keatas, meyebabkan air bergerak dari bawah. Sensasi ini hanya dapat dirasakan saat berenang.

Aek Sitio-Tio ini jarang diketahui sebagai tempat wisata. Masyarakat setempat memanfaatkannya sebagai tempat mandi dan bermain anak-anak.





Jika memakai jasa penyewaan mobil, pastikan kondisi mobil bisa dipakai sesuai dengan alam yang ditelusuri dan sebisa mungkin supir dapat juga berperan sebagai guide selama perjalanan. Dan kami beruntung mendapatkan supir yang dapat berperan ganda seperti itu. Muliti tasking lah……




Balige, 06 Mei 2016
Salam jalan-jalan,

Dorma Sihite

Tidak ada komentar:

Posting Komentar