Rabu, 01 Juni 2016

Langkah Bijak Mengatasi Masalah Keuangan Rumah Tangga



            Emak, di kota tempat tinggal saya, kota Duri, Riau, yang terkenal sebagai kota minyak dan gas, tengah terjadi PHK akibat dampak anjloknya harga minyak dunia. Berbagai upaya dilakukan perusahaan untuk mempertahankan usahanya, mulai dari membatasi ekspansi bisnis, efesiensi operasional hinga pengurangan jumlah karyawan.

            Akibat pemutusan kerja ini, banyak Emak yang kebingungan mengelola uang belanja, karena pada umumnya hanya suami yang berperan sebagai pencari nafkah. Apalagi pada waktu dekat akan menghadapi bulan puasa, lebaran dan juga tahun ajaran baru bagi anak sekolah.  Itu semua memerlukan biaya yang cukup besar.

            Di saat krisis seperti ini, Emak harus lebih bijak dalam menangani keuangan rumah tangga karena bisa jadi suami sebagai pencari nafkah utama, dalam jangka waktu yang belum bisa dipastikan akan menjadi pengangguran.

            Ada 5 langkah bijak yang dapat diambil Emak agar masalah keuangan rumah tangga dapat diatasi :

1.      Membuat anggaran rumah tangga
Dengan keuangan terbatas, Emak harus membuat anggaran keuangan dengan baik. Alokasikanlah uang untuk hal-hal yang penting saja, sampai keuangan keluarga membaik kembali.

2.      Bekerjasama mengatur keuangan
      Emak dan suami harus bekerjasama dalam mengatur keuangan keluarga agar tidak terjadi saling curiga yang mengakibatkan pertengkaran. Suami harus tetap dihargai sebagai kepala keluarga, walaupun saat ini hanya Emak sebagai sumber keuangan keluarga.

3.      Membuka usaha sendiri, jika keuangan keluarga dirasa masih cukup untuk melakukan hal tersebut. Emak harus melihat usaha apa yang diminati warga sekitar dan dapat dikelola dengan baik , agar perputaran modal usaha tidak berjalan lambat.

4.         Bekerja pada orang lain adalah salah satu langkah bijak, bila Emak tidak sanggup  mengelola usaha sendiri atau tidak punya modal bisnis. Emak tidak perlu gengsi walaupun pada awalnya upahnya kecil, yang penting pekerjaan tersebut halal. Apalagi pada saat sekarang ini sangat sulit mencari pekerjaan jika kemampuan atau skill yang Emak miliki terbatas.         


5.      Sebagai seorang istri, Emak juga harus memberi semangat kepada suami untuk mencari pekerjaan baru. Berilah saran pada suami, tapi jangan pernah memaksakan kehendak, karena hal tersebut akan memicu pertengkaran. PHK menyebabkan tekanan mental hingga depresi ringan pada orang yang mengalaminya.

Dengan 5 langkah bijak ini, semoga Emak dapat mengatasi masalah keuangan dalam rumah tangga.



Artikel ini juga dimuat di Emakpintar.asia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar