Senin, 06 Juni 2016

Wisata Spritual Aek Sipangolu, Baktiraja

WISATA  SPRITUAL  AEK  SIPANGOLU


Jalan-jalan berlanjut dari Air Terjun Janji ke Aek Sipangolu. Lokasi wisata ini terletak di Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara. Aek Sipangolu merupakan bagian dari perjalanan sejarah kerajaan Sisingamaraja XII. Berdasarkan cerita yang ada, Aek Sipangolu berasal dari bekas kaki Gajah Putih milik Raja Sisingamaraja yang kehausan karena perjalanan panjang mereka dari Manduamas ke Barus.

Raja Sisingamaraja berdoa dan menancapkan tombaknya ke bekas pijakan kaki Gajah Putihnya. Seketika air keluar dan mengalir hingga saat ini.

Awalnya bekas pijakan ini dinamakan Binanga Bibir, yang jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya Telaga Bibir. Aek Sipaulak Hosa atau Air Pelepas Dahaga, atau yang saat ini disebut Aek Sipangolu atau Air Kehidupan, diyakini dapat menyembuhkan orang yang lumpuh kakinya hingga dapat berjalan kembali.

Air dingin dan segar yang berasal dari Bukit Candas, sumber Aek Sipangolu ini, mengalir langsung ke kolam renang buatan penduduk, yang letaknya berada tepat dibawah Aek Sipangolu. Sambil berenang, kita dapat menikmati keindahan Danau Toba.


Menurut kepercayaan penduduk setempat, berdoa sebelum meminum Aek Sipangolu ini, mencuci muka, mandi atau melakukan ritual kecil di Aek Sipangolu, penyakit dalam tubuh akan terangkat dan hilang. Beban masalah akan berkurang dan kehidupan akan semakin membaik.


Dengan rasa penasaran, saya ingin membuktikan kepercayaan penduduk tersebut. Pijatan air yang langsung jatuh ke tubuh dan juga segar ketika mandi  di bawah derasnya Aek Sipangolu, membantu menghilangkan rasa penat di tubuh. Sensasi pijatan alam ini bisa langsung saya buktikan.  


Berlama-lama menikmati kucuran Aek Sipangolu, angin berhembus sepoi-sepoi ditambah suara kicauan burung diatas pohon mangga yang rindang, merupakan perpaduan harmoni alam yang indah. Ini mengingatkan, sebagai manusia kita bukanlah apa-apa dibandingkan ciptaanNya yang luar biasa. Berwisata alam dapat membuat kita semakin tahu hakekat hidup ini dan lebih mendekatkan diri kepada Pencipta.


Tertarik dengan obyek wisata Aek Sipangolu …? Yuk…share artikel ini agar banyak yang lebih mengenal lokasi Wisata Spritual Aek Sipangolu.


Balige, 07 Mei 2016
Salam jalan-jalan,

Dorma Sihite

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar