Selasa, 31 Mei 2016

Saat Masalah Datang Menghampiri




Saat Masalah Datang Menghampiri

             Siang itu cuaca begitu panas. Seandainya ada kebutuhan untuk keluar rumah, orang lebih memilih menundanya dulu jika memang masih bisa, sampai cuaca bersahabat.

            Tapi itu tidak berlaku bagi seorang anak muda yang biasa duduk di depan toko saya.  Kali ini, ia berdiri tegak menghormat matahari. Ada beberapa menit hal tersebut berlangsung. Kemudian dilanjutkan dengan push-up. Bisa dipastikan lantai semen di depan toko saat itu begitu panas. Tapi  kedua kegiatan tersebut dilakukan dengan tersenyum.

 Saya memperhatikannya dengan hati miris. Menurut cerita pelanggan  yang mengenal anak muda tersebut,  keadaan ini terjadi akibat ketidakmampuan mentalnya menghadapi masalah dalam keluarga.

Emak, hidup ini rasanya tidak pernah terlepas dari masalah dan tantangan, yang kadang kala datangnya juga beruntun. Pada saat itu terjadi, rasanya ingin berteriak dan menangis untuk melepaskan semua beban yang menghimpit.

Ada 4 langkah yang dapat emak tempuh agar masalah yang  dihadapi tidak menjadikan emak  depresi berat :

1.   Belajarlah untuk bahagia dengan jalan menghibur diri
Secara teori kelihatannya memang gampang. Tapi emak tidak bisa terus larut dalam masalah yang ada. Jangan biarkan masalah menekan kehidupan . Ada banyak cara untuk menghibur diri, seperti berkunjung kerumah teman, shopping, merawat diri ataupun sekedar jalan-jalan di taman kota.

2.    Menemukan kekuatan dalam masalah.
Tiap masalah selalu mengajarkan sesuatu hal yang baru dan juga mendewasakan pola pikir emak dalam menjalani kehidupan ini.  Emak memetik pelajaran paling berharga ketika semuanya terasa berat.

3.   Jangan mundur
Ketika tantangan dan masalah datang, hadapilah dengan tegar. Melarikan diri dari itu semua, hanya akan mencicil jiwa pengecut bagi mental emak. Tidak ada yang kekal dalam hidup ini, begitu juga dengan masalah. Semua akan selesai dengan baik, bila emak menghadapinya dengan tegar.


 4.   Percaya dengan waktunya Tuhan.
 Emak harus yakin bahwa Tuhan punya waktu tertentu untuk menjawab setiap doa-doa. Oleh sebab itu, mari jalani hidup ini dengan semangat


















































































          



Tidak ada komentar:

Posting Komentar