Rabu, 01 Juni 2016

Geliat Kain Tenun Balige Di tengah Persaingan Pasar Yang Semakin Ketat


            Hari kedua jalan-jalannya adalah mengunjungi pabrik kain tenun Balige, yang terkenal dengan motif kotak-kotak dan perpaduan warnanya yang cerah.

Kota Balige merupakan kecamatan sekaligus ibukota dari kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Selain terkenal dengan tempat wisatanya, kota Balige juga penghasil kain tenun yaitu sarung atau lebih dikenal masyarakat dengan mandar Balige. Usaha skala menengah ini telah ada sejak bertahun-tahun silam dan banyak menyerap tenaga kerja penduduk setempat, yang secara langsung meningkatkan taraf hidup mereka.




            Kain tenun ini memiliki banyak fungsi yaitu sebagai pembungkus bayi agar tetap hangat, sarung untuk sholat, taplak meja, dan gorden. Dapat juga dijadikan sprei dan bahan untuk pakaian pria dan wanita dengan memadu-padankan dengan bahan kain lain.. Di Balige dan pada umumnya di kampung-kampung, Ibu-ibu dan calon ibu, wajib memakai kain sarung pada pertemuan atau acara-acara adat.       





            Ibu, pada masa kejayaan kain tenun ini dulu, banyak berdiri pabrik kain tenun. Tapi yang dapat bertahan hingga saat ini hanyalah 10 pabrik. Salah satunya adalah Parni Jaya Tekstil, yang terletak di jalan Mulia Raja Ujung - Bariba Binanga - Balige. Pada saat ini dijalankan oleh  Drs. Henry Siahaan, sebagai pemilik generasi kedua. Pak Henry selalu memodifikasi motif sarung yang dihasilkan oleh pabriknya agar dapat di terima dengan baik oleh konsumen. Kualitas kain sarung ini juga selalu di jaga agar mampu bersaing dengan produk impor.


Setiap hari Parni Jaya Tekstil dapat memproduksi lebih kurang 500 lembar kain sarung katun yang diberi label cap Banteng. Harga kain sarung ini per kodinya Rp. 560.000. Kain sarung cap Banteng ini bukan hanya dipasarkan di Sumatera oleh pedagang-pedagang kain, tapi juga sudah menembus pasar di Pulau Jawa.



            Jika berminat dengan kain sarung Balige produksi Parni Jaya Tekstil ini, dapat langsung menghubungi pemiliknya, yaitu Bapak Drs. Henry Siahaan dengan no.HP 08126261544 dan Dorma Sihite # WA 082173072410  .







Foto-foto dalam artikel ini adalah milik pribadi. Bagi yang ingin menggunakannya, mohon minta Izin terlebih dahulu atau mencantumkan sumber aslinya.


 Balige, 6 Mei 2016,

Salam Bisnis & Travelling
Dorma Sihite

Tidak ada komentar:

Posting Komentar