Selasa, 07 Juni 2016

Museum Batak TB.Silalahi Balige


MUSEUM BATAK TB. SILALAHI BALIGE 


Waktu sudah menunjukkan pukul 17 lewat 25 ketika kami memasuki lapangan parkir Museum Batak. Berarti kami hanya punya waktu 35 menit saja untuk melihat koleksi Museum ini. Kunjungan ke lokasi ini adalah menu penutup jalan-jalan, karena besok harus segera pulang ke kota masing-masing dengan alasan sudah ditunggu deadline

Dengan sisa semangat yang ada ditambah battery HP dan kamera yang nyaris habis, kami berusaha mengabadikan koleksi Museum lewat foto-foto.. Hujan gerimis tidak menghalangi langkah.


Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000 untuk dewasa dan Rp. 5.000 anak-anak, kami berpacu dengan sisa waktu kunjungan yang akan segera berakhir.




Museum Batak TB.Silalahi berada di jalan Pagar Batu No. 88 Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara. Museum ini merupakan bagian dari TB. Silalahi Center, Yayasan nirlaba yang didirikan oleh Letjen (Purn) Dr. Tiopan Bernhard Silalahi. Yayasan ini didirikan dengan tujuan untuk melestarikan budaya Batak dan membentuk karakter masyarakat Batak.



Yayasan  ini didirikan  berdasarkan akta nomor 10 tanggal 7 Agustus 2006 dan akta nomor 7 tanggal 8 Januari 2007. TB.Silalahi pernah menjadi Menteri PAN 1993-1998.

TB.Silalahi Center merupakan museum yang terdiri dari Museum Jejak Langkah dan Sejarah dan Museum Batak  TB. Silalahi. Museum Jejak Langkah dan Sejarah TB,Silalahi disebut juga sebagai ruang motivasi.



Museum Jejak Langkah dan Sejarah berisi koleksi pribadi TB. Silalahi yang berupa pakaian dinas, bintang jasa, tanda kehormatan, kendaraan pribadi dan dinas, jenis senjata yang pernah digunakan oleh TB.Silalahi dan kenang-kenangan dari segala penjuru dunia,



Museum Batak berisi peningggalan-peninggalan etnografi, seperti rumah Batak yang telah berusia ratusan tahun, alat pertanian, mesin tenun, kain tenun, senjata berburu, perhiasan, lemari orang Batak, perlengkapan datu bolon (Dukun Besar), tongkat saktinya orang Batak yaitu Tunggal Panaluan.



Museum Batak TB.Silalahi terdiri dari empat lantai dengan desain modern dihiasi ornament-ornamen khas Batak. Tidak hanya menyuguhkan napak tilas sejarah dan artefak-artefak saja, museum ini juga memiliki berbagai macam fasilitas. Beberapa fasilitas tersebut meliputi cafeteria, restaurant, kolam renang, convention hall dan artshop untuk berbelanja souvenir khas Batak.


Yuk … lestarikan budaya bangsa dengan mengenal lebih dekat.

Sumber : https://museumku.wordpress.com/2010/04/15/museum-t-b-silalahi/



Balige, 7 Mei 2016

Salam budaya,

Dorma Sihite



Tidak ada komentar:

Posting Komentar