Senin, 06 Juni 2016

Wisata Alam Air Terjun Janji (Water Fall Of Janji)


 Wisata Alam Air Terjun Binanga Janji (Water Fall Of Janji)


Setelah puas menikmati panorama alam AekSitio-Tio, perjalanan dilanjutkan menuju lokasi wisata Air Terjun Janji (Water Fall Of Janji).  Sepanjang perjalanan tercium aroma pedesaan yang segar. Rasa penat selama perjalanan, perlahan terbawa lenyap oleh angin sepoi-sepoi yang berasal dari pohon-pohon yang tumbuh tinggi menjulang di sisi jalan.

Jalanan yang menurun dan berkelok tajam, serta jurang disisi jalan sepanjang tebing bukit yang berada dibahu Danau Toba, menyebabkan setiap kendaraan yang lewat disana harus memperhatikan kecepatannya agar tidak terjadi kecelakaan.

Lokasi Air Terjun Janji ini berada di Desa Marbun Toruan, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), yang berjarak 22 Km dari Dolok Sanggul. 



Setiba di lokasi, kita akan disambut patung “Ihan” setinggi dua meter, yang berada ditengah-tengan taman dan kolam kecil. Batu-batu alam di tata sedimikian rupa di sekeliling kolam.



 Memasuki lokasi wisata Air Terjun Janji tidak dikenakan tarif alias gratis. Sebagai ucapan terima kasih kepada pengelola lokasi wisata ini, kita dapat membeli makanan dan minuman yang dijual disana, dimana harganya juga standar. Kebersihan lingkungan lokasi juga harus dijaga dengan tidak membuang sampah sembarangan.  


Untuk mencapai puncak tebing, kita dapat menggunakan tangga batu yang disusun sedemikian rupa sehingga aman untuk dipijak. Dipuncak tebing ini terdapat sebuah kolam kecil yang dialiri air dalam debit kecil.



Pengunjung dapat menikmati sejuknya air yang berasal dari Air Terjun Janji dengan mandi di kolam  yang disekat seperti kamar mandi oleh pengelola.

Nama Air Terjun Janji ini berasal dari sebuah perjanjian besar, yaitu disepakatinya perdamaian antara Tiga Raja yang dipertemukan oleh Raja Sisingamaraja. Ketiga Raja tersebut adalah Raja Marbun, Raja Sinambela dan Raja Manullang. Perdamaian ini meliputi desa Tipang, Marbun dan Bakkara. Jika perseteruan antara ke tiga Raja ini terjadi lagi, diramalkan Air Terjun Janji akan berhenti mengalir.



Lokasi wisata ini selalu ramai dikunjungi setiap hari dan puncaknya pada hari libur.

Yuk … jadikan obyek wisata Air Terjun Janji sebagai tujuan wisata dan nikmati  gemuruh suara air terjunnya.



Balige, 07 Mei 2016,
Salam jalan-jalan,

Dorma Sihite

Tidak ada komentar:

Posting Komentar