Kamis, 30 Juni 2016

Tips Agar Si Kecil Mau Sekolah

Tips Agar Si Kecil Mau Sekolah




Sebentar lagi tahun ajaran sekolah akan dimulai. Si kecil yang usianya sudah memasuki usia sekolah, biasanya antusias mendengar hal-hal yang ada kaitannya dengan sekolah seperti,  lingkungan baru, teman baru, sepatu baru dan juga guru yang baik hati. Hal ini merupakan pendorong semangat bagi si keeil untuk segera masuk sekolah.

Namun tidak semua anak tertarik dengan sekolah. Sekolah berarti lingkungan baru yang mengharuskannya meninggalkan rumah, yang menurutnya merupakan satu-satunya tempat paling nyaman dan menyenangkan.

Brikut ini ada beberapa tips agar si kecil mau sekolah :


Kenalkan sekolah sejak dini

Mengenalkan tentang sekolah kepada anak dengan cara memberi gambaran yang menyenangkan tentang sekolah seperti lingkungan sekolah yang nyaman, teman bermain yang baru dan juga pelajaran yang mengasyikkan.
Sebelum memasuki tahun ajaran baru dimulai, Emak dapat mengajak si kecil melihat-lihat lingkungan sekolah barunya. Ini bertujuan agar si kecil lebih cepat beradaptasi ketika sekolah sudah dimulai.


Latih anak menjadi mandiri.

Melatih anak menjadi mandiri sangat diperlukan agar si kecil tidak bergantung pada Emak. Ini juga untuk mempersiapkan mentalnya untuk berhubungan dengan orang banyak dan juga lingkungan baru. Tidak menemani si kecil ke kamar ketika ingin buang air kecil, membereskan dan menyimpan sendiri pernak-pernik bermainnya, bangun pagi, merupakan cara melatih si kecil mandiri.  
Latihan dasar seperti ini akan membiasakan si kecil untuk bisa mengatur diri sendiri sesuai dengan kemampuannya.


Melibatkan anak dalam mempersiapkan keperluan sekolah

 Anak akan merasa dirinya penting jika dilibatkan dalam menyiapkan keperluan sekolahnya. Hal ini akan menumbuhkan semangatnya untuk sekolah. Seperti mempersiapkan tas sekolah, buku, alat tulis, sepatu dan juga bekalnya.


Kesehatan anak tidak terganggu

Pastikan kondisi si kecil dalam keadaan sehat ketika masuk sekolah agar ia dapat mengikuti kegiatan dengan baik dan tidak punya alasan untuk membolos. Beberapa hari sebelum masuk sekolah, si kecil hendaknya banyak istirahat.


Menemani awal masuk sekolah

Menemani si kecil pada hari-hari pertama masuk sekolah adalah sangat penting. Hal ini untuk memastikan si kecil nyaman dalam lingkungan barunya dan juga dapat mengikuti setiap kegiatan dengan baik.





 .  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar