Rabu, 08 Juni 2016

Yuk! Kenali Mimisan Pada Anak


YUK! KENALI MIMISAN PADA ANAK



Setiap Emak pasti kuatir jika tiba-tiba dari hidung anak keluar darah atau mimisan.  Seperti yang terjadi pada keponakan saya.  Ketika bermain dengan teman-temannya di luar rumah, pulang dalam keadaan menangis karena mimisan.

Emak, ada beberapa penyebab terjadinya mimisan pada anak :

Polusi Udara
Kotornya udara yang dihirup seperti debu, asap rokok dan asap dari kendaraan dapat memicu terjadinya mimisan pada anak. Udara kotor ini menyebabkan iritasi di bagian selaput lendir.

Alergi
Penggunaan jenis obat-obatan steroid yang mempunyai fungsi melegakan hidung mampet dan juga jenis obat-obatan lainnya dapat menyebabkan mimisan.

Luka
Hidung yang mengalami luka akibat benturan dan pukulan, dapat juga menyebabkan mimisan, karena bisa jadi pembuluh darah yang terkena pukulan tersebut pecah.

Pilek
Mimisan pada anak bisa juga disebabkan penyakit pilek, dimana saat membuang ingus yang berulang-ulang menyebabkan iritasi pada lapisan hidung.

Demam Tinggi
Demam tinggi juga dapat menjadi penyebab mimisan. Ini biasanya terjadi pada anak yang terjangkit demam berdarah dan mengidap penyakit leukemia.

            Untuk mencegah mimisan terjadi berulang pada anak, Emak dapat melakukan tips berikut :
Mengingatkan Anak

Sebisa mungkin Emak memantau kegiatan anak atau juga dengan jalan mengingatkan anak agar berhati-hati ketika bermain agar jangan sampai terjatuh dan terbentur. Perhatikan juga kebersihan lingkungan tempatnya bermain.

Atasi Mimisan Dengan Tenang
            Emak, jika terjadi mimisan pada anak, tetaplah tenang dan jangan panik. Posisikan anak duduk tegak  di kursi atau di pangkuan. Usahakan kepala sedikit menunduk kedepan, kemudian pencet hidung anak lembut dengan menggunakan tisu atau kain lap bersih hingga mimisan berhenti. Selama hidung anak dipencet, Emak bisa meminta anak bernapas lewat mulut.

Menggunakan Es Batu
            Es batu juga dapat membantu menghentikan mimisan. Caranya dengan membungkus es tersebut dengan lap atau kain bersih, kemudian tempelkan dibagian hidung anak Emak. Es batu berfungsi mengecilkan pembuluh darah yang membesar.

Tapi jika mimisan cukup sering terjadi, bisa satu kali dalam seminggu, ditambah adanya pendarahan di gusi serta luka memar, segeralah periksa ke dokter. Bisa jadi hal tersebut merupakan gejala penyakit yang lebih serius.

Semoga tips di atas dapat membantu Emak dalam mengatasi mimisan yang tiba-tiba terjadi pada anak.



Artikel ini juga dimuat di Emakpintar.asia



Tidak ada komentar:

Posting Komentar