Rabu, 03 Agustus 2016

6 Ide Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga Kreatif





Pada masa yang serba uang ini, banyak ibu rumah tangga membantu pendapatan sumai dengan membuka usaha rumahan. Usaha ini tidak memerlukan modal besar, namun prospeknya cukup menjanjikan. Jika dijalankan dengan kegigihan dan ketabahan dalam proses pengembangannya, usaha ini bisa jadi sumber pendapatan utama keluarga.

            Berikut ini 5 ide usaha rumahan untuk ibu rumah tangga kreatif yang ada di lingkungan tempat tinggal saya :

1.      Membuat tas cantik dari gelas minuman plastik bekas
Selain untuk menjaga kebersihan lingkungan, sampah juga dapat dijadikan sumber uang. Dengan memanfaatkan gelas minuman plastik bekas, ibu-ibu bisa mengkreasikannya menjadi tas cantik. Gelas minuman sebagai bahan utama, seperti minuman ale-ale dan teh gelas, sangat mudah didapat. Bahan-bahan pendukung pembuatan tas juga dapat dibeli di warunng atau toko swalayan terdekat. Bahan-bahan tersebut terdiri dari gunting, silet, benang wol, pita, tali senar ukuran sedang, selang transparan, kain pelapis dalam tas dan aksesoris untuk mempercantik tampilan tas. Tas ini dibuat dari rangkaian bibir gelas yang telah dipisah dari badannya.
 Jika sahabat tertarik dengan tampilan tas ini, bisa pesan pada saya lho.



Bahan-bahan untuk membuat tas

Tas siap jual





Tas siap jual


1.      Usaha jahit pakaian rumahan
Usaha jahit pakaian prospeknya juga sangat bagus. Upah satu set pakaian kebaya dan sarung dengan model sederhana adalah 350.000 rupiah. Sebelum membuka usaha jahit pakaian yang biasanya berawal dari hobi, wajib mengikuti kursus sampai tingkat mahir. Untuk mengikuti mode terkini, setiap penjahit dituntut memiliki kreativitas yang tinggi. Dari pengamatan saya, lokasi usaha jahit pakaian rumahan ini tidak harus di tempat strategis. Yang penting hasil jahitannya rapi dan sesuai dengan permintaan  pemesan.  Jika puas dengan pelayanan yang diberikan, biasanya pelanggan tersebut akan merekomendasikan kepada saudara atau teman mereka.


2.      Usaha salon
Usaha salon yang biasanya berawal dari hobi mempercantik diri, juga sangat menjanjikan dan tidak mengenal musim. Sifat wanita yang selalu ingin tampil cantik, menjadikan salon sebagai tempat pemenuhan kebutuhan khusus. Dari poong rambut, pemeliharaan kecantikan kuku, lulur spa, pijat refleksi dan juga make-up.
  Sama dengan usaha jahit pakaian, sebelum buka usaha salon, wajib mengikuti kursus sampai tingkat mahir. Hanya saja lokasi untuk membuka salon letaknya harus strategis, agar cepat berkembang. Modal usaha awal juga tidak terlalu besar, jika melayani potong rambut saja. Bila sudah mulai berkembang, peralatan dan perlengkapan salon dapat ditambah.
Upah jasa potong rambut paling murah di tempat saya, yang hanya mengandalkan gunting, sisir dan jepit rambut, dihargai 20.000 rupiah. Gimana kalau dalam satu hari ada sepuluh orang yang potong rambut? Usaha salon rumahan ini cukup menjanjikan bukan?


3.      Usaha papan bunga
Usaha bunga papan juga sangat menjanjikan. Tidak harus ikut kursus. Hanya dibutuhkan kreativitas. Modal awal juga tidak terlalu besar. Apalagi hanya menggunakan bunga imitasi. Disamping dapat uang sewa, papan bunganya juga kembali pada pemilik usaha. Pada saat ini, hampir setiap acara  memakai papan bunga. Sewa untuk papan bunga ukuran 2 meter persegi kisaran antara 150.000 sampai 350.000 rupiah.


4.      Usaha jasa les pelajaran sekolah
Usaha les rumahan bisa dimulai dengan modal kecil dan dilakukan di rumah. Hanya membutuhkan satu ruangan tempat les, kursi, meja, papan tulis dan perlengkapan mengajar lainnya. Namun untuk menjalankan ini dibutuhkan pengetahuan khusus dan selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan. Promosi dapat dilakukan dengan memasang spanduk.


5.      Usaha kue jajanan pasar
Usaha jualan jajanan pasar selalu menjanjikan karena peminatnya cukup besar. Untuk sekedar cemilan di rumah ataupun di acara-acara penting, seperti syukuran, lamaran, pernikahan dan acara lainnya selalu membutuhkan kue jajanan pasar ini.
Jika tidak bisa membuat sendiri, bisa dimulai dengan kulakan dulu ke pasar. Dari modal kecil, bisa diusahakan untung besar. Agar usaha ini cepat berkembang,  mutu dan kualitas kue yang dihasilakan harus tetap dijaga agar pelanggan tidak kecewa. 

Enam ide usaha rumahan di atas cukup menjanjikan bukan? Memiliki usaha dengan pendapatan yang lumayan tanpa harus meninggalkan rumah merupakan impian setiap perempuan mandiri.. 



1 komentar:

  1. Wah asli sih kreatif banget. Sekarang aku udah jarang nemuin ibu2 ataupun anak muda yang suka bikin kayak gini. btw informasinya makasi banyak yah!

    BalasHapus