Kamis, 04 Agustus 2016

5 Tips Melayani Pelanggan Untuk Usaha Ibu Rumah Tangga Kreatif

5 Tips  Melayani Pelanggan Untuk Usaha Ibu Rumah Tangga Kreatif




Setelah membahas ide usaha rumahan untuk ibu rumah tangga kreatif, dalam artikel ini saya akan membahas tips melayani pelanggan agar mereka loyal. Ini sudah saya lakukan selama tujuh  tahun menjalankan usaha toko buku dan alat tulis kantor, usaha aksesoris dan sekarang sedang merintis usaha kerajinan daerah.

Melayani pelanggan dengan beragam karakter dibutuhkan kesabaran dan juga komunikasi dua arah yang baik. Kepuasan pelanggan berkaitan erat dengan citra usaha. Jika pelanggan puas, dengan sendirinya mereka akan merekomendasikan usaha kita kepada teman dan saudaranya. Ini sama dengan melakukan promosi tanpa mengeluarkan biaya. Berikut ini ada 6 tips melayani pembeli dengan baik :

1.      Dengarkan keinginan pembeli dengan baik
Berikan perhatian penuh terhadap kebutuhan pembeli. Dengarkan dengan baik ketika pembeli menceritakan keluhannya dan sebisa mungkin jangan memotong pembicaraan, tapi tetap membatasi waktu untuk itu. Berikan tanggapan dan tawarkan solusi yang memang sanggup kita lakukan atas masalah mereka. Jangan membuat janji yang nantinya tidak bisa  dipenuhi.


2.      Berikan pelayanan dengan cepat
Pelayanan yang cepat dan memuaskan adalah tugas wajib sebuah usaha. Tetaplah tenang dan jangan bingung jika harus melayani beberapa orang pelanggan dalam waktu hampir bersamaan. Dahulukan yang pertama kali datang.


3.      Pahami karakter pelanggan
Seperti pepatah yang mengatakan, rambut yang sama hitam, namun karakter dan sifat setiap orang pasti berbeda. Memahami karakter setiap pelanggan bertujuan agar kita tahu cara efektif untuk melayaninya. Pelanggan dengan tipe serius, jangan dilayani sambil bercanda. Urusannya bisa panjang.  


4.      Bicara dengan sopan dan tersenyum
Melakukan hal ini termasuk gampang-gampang susah jika yang dilayani  pelanggan yang keras kepala dan cerewet. Dibutuhkan kesabaran ekstra dan iman yang kuat. Betul lho. Walaupun demikian, kita harus tetap melayaninya dengan sopan dan tersenyum. Jangan sampai terpancing emosi. Jika tidak bisa memenuhi keinginan pelanggan tersebut, sampaikan dengan sopan tanpa menyinggung perasaannya. Kalau kita tetap profesional dalam melayani, bisa saja ia menjadi pelanggan yang paling loyal.


5.      Selalu menghargai pelanggan
Setiap orang pantas untuk kita hargai, karena pada dasarnya kita adalah sama di mata Tuhan. Begitu juga dengan pelanggan. Tetaplah melayani pelanggan yang hanya sanggup membeli barang dibawah yang seharusnya dibeli, selama hal tersebut tidak merugikan usaha kita.

Semoga ide di atas bermanfaat. Mari menjadi perempuan dan ibu rumah tangga yang kreatif juga mandiri.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar