5 Tips Melayani Pelanggan Untuk Usaha Ibu Rumah
Tangga Kreatif
Setelah membahas ide usaha rumahan untuk
ibu rumah tangga kreatif, dalam artikel ini saya akan membahas tips melayani
pelanggan agar mereka loyal. Ini sudah saya lakukan selama tujuh tahun menjalankan usaha toko buku dan alat
tulis kantor, usaha aksesoris dan sekarang sedang merintis usaha kerajinan
daerah.
Melayani
pelanggan dengan beragam karakter dibutuhkan kesabaran dan juga komunikasi dua
arah yang baik. Kepuasan pelanggan berkaitan erat dengan citra usaha. Jika
pelanggan puas, dengan sendirinya mereka akan merekomendasikan usaha kita
kepada teman dan saudaranya. Ini sama dengan melakukan promosi tanpa
mengeluarkan biaya. Berikut ini ada 6 tips melayani pembeli dengan baik :
1. Dengarkan
keinginan pembeli dengan baik
Berikan perhatian penuh
terhadap kebutuhan pembeli. Dengarkan dengan baik ketika pembeli menceritakan
keluhannya dan sebisa mungkin jangan memotong pembicaraan, tapi tetap membatasi
waktu untuk itu. Berikan tanggapan dan tawarkan solusi yang memang sanggup kita
lakukan atas masalah mereka. Jangan membuat janji yang nantinya tidak bisa dipenuhi.
2. Berikan
pelayanan dengan cepat
Pelayanan yang cepat
dan memuaskan adalah tugas wajib sebuah usaha. Tetaplah tenang dan jangan
bingung jika harus melayani beberapa orang pelanggan dalam waktu hampir
bersamaan. Dahulukan yang pertama kali datang.
3. Pahami
karakter pelanggan
Seperti pepatah yang mengatakan,
rambut yang sama hitam, namun karakter dan sifat setiap orang pasti berbeda.
Memahami karakter setiap pelanggan bertujuan agar kita tahu cara efektif untuk
melayaninya. Pelanggan dengan tipe serius, jangan dilayani sambil bercanda.
Urusannya bisa panjang.
4. Bicara
dengan sopan dan tersenyum
Melakukan hal ini termasuk
gampang-gampang susah jika yang dilayani pelanggan yang keras kepala dan cerewet. Dibutuhkan
kesabaran ekstra dan iman yang kuat. Betul lho. Walaupun demikian, kita harus
tetap melayaninya dengan sopan dan tersenyum. Jangan sampai terpancing emosi.
Jika tidak bisa memenuhi keinginan pelanggan tersebut, sampaikan dengan sopan
tanpa menyinggung perasaannya. Kalau kita tetap profesional dalam melayani,
bisa saja ia menjadi pelanggan yang paling loyal.
5. Selalu
menghargai pelanggan
Setiap orang pantas
untuk kita hargai, karena pada dasarnya kita adalah sama di mata Tuhan. Begitu
juga dengan pelanggan. Tetaplah melayani pelanggan yang hanya sanggup membeli
barang dibawah yang seharusnya dibeli, selama hal tersebut tidak merugikan usaha
kita.
Semoga ide di atas
bermanfaat. Mari menjadi perempuan dan ibu rumah tangga yang kreatif juga
mandiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar