Selasa, 28 Juni 2016

Jadilah Sahabat Yang Baik

Jadilah Sahabat Yang Baik





Dalam situs pertemanan, kita bisa memiliki banyak teman dalam waktu cepat. Tinggal menambahkan mereka ke dalam daftar kontak kita.  Dan jika ingin mengakhiri pertemanan itu, kita cukup menghapusnya dari daftar kontak.

Tidak semua teman layak dijadikan sahabat. Mencari sahabat yang mau menerima  kelebihan dan kekurangan kita, terkadang lebih sulit daripada mencari uang. Mempunyai seorang sahabat sejati merupakan suatu  anugerah dan keberuntungan.


Sudahkah kita menjadi sahabat yang baik bagi sahabat kita? Yuk, kita cari tahu.

Ada dalam suka dan duka

Seorang sahabat akan selalu mendukung dan ikut bahagia bila sahabatnya berhasil. Begitu juga sebaliknya, seorang sahabat akan hadir pada saat ada masalah. Ikut membantu menyelesaikan masalah tersebut jika diminta. Seorang sahabat tidak akan mengambil manfaat dari hubungan persahabatan untuk kepentingan diri sendiri. Jangan jadi sahabat hanya saat kita membutuhkan sesuatu darinya. Setelah itu menjauh dan  mencari alasan bila dibutuhkan.


Bisa Dipercaya

Suatu hubungan membutuhkan kepercayaan, begitu juga dengan persahabatan. Sebagai sahabat, kita harus menjaga dengan baik rahasia sahabat kita. Jangan menceritakannya pada orang lain. Jika kita melakukan hal tersebut, bisa saja suatu saat rahasia kita yang dibeberkan pada orang lain. Mungkin bukan dilakukan oleh sahabat tersebut. Tapi oleh teman lain.


Berikan Kepedulian Yang Tulus

Seorang sahabat punya kepedulian dengan keadaan sahabatnya. Peduli tanpa pamrih. Bersedia memberikan waktu, bantuan dan lainnya saat dibutuhkan. Persahabatan merupakan komitmen dua arah yang saling membutuhkan. 


Mampu Memaafkan

Manusia tidak pernah terlepas dari kesalahan, baik yang disengaja ataupun tidak. Seorang sahabat mampu memaafkan, menjadikan kesalahan tersebut sebagai sebuah pelajaran dan pengalaman dalam persahabatan. Sehingga kedepannya bisa lebih berhati-hati. Keakraban dalam persahabatan terkadang menimbulkan perselisihan. Dibutuhkan jiwa besar dalam menghargai kelebihan dan menerima kekurangan sahabat kita.


Mari kita belajar menjadi sahabat yang baik, karena kehilangan sahabat sejati itu sangat menyedihkan.


Satu pohon dapat memulai sebuah hutan. Satu senyuman dapat memulai sebuah persahabatan. Satu sentuhan dapat menunjukkan anda peduli. Satu sahabat dapat membuat hidup seseorang berarti. Anonim



Tidak ada komentar:

Posting Komentar